Langsung ke konten utama

Kepemimpinan Mark Zuckerberg dalam Organisasinya

Mark Zuckerberg


Profil Mark Zuckerberg

Mark Elliot Zuckerberg (lahir 14 Mei 1984) adalah seorang pemrogram komputer dan pengusaha Internet. Ia dikenal karena menciptakan situs jejaring sosial Facebook bersama temannya, yang dengan itu ia menjadi pejabat eksekutif dan presiden. Facebook didirikan sebagai perusahaan swasta pada tahun 2004 oleh Zuckerberg dan teman sekelasnya Dustin Moskovitz, Eduardo Saverin, dan Chris Hughes ketika menjadi mahasiswa di Universitas Harvard. Pada tahun 2010, Zuckerberg terpilih sebagai Person of the Year versi majalah Time.

Gaya Kepemimpinan

 Gaya kepemimpinan yang digunakan mark adalah Partisitatif. ini dapat dilihat dari awal berdirinya facebook, Mark bekerjasama dengan dua orang temannya Dustin Moskovitz, Eduardo Saverin, dan Chris Hughes. Mereka bekerjasama hingga akhirnya dapat mendirikan situs jejaring sosial facebook yang mendunia. Dan sampai saat ini Mark rutin berdiskuso dengan para karyawannya untuk membicarakan masalah perusahaan (Konsultatif). artinya Mark sadar bahwa dia tidak bergerak sendiri, tetapi dibantu orang lain dalam menjalankan perusahaan. Oleh karena itu Mark juga sering memberi banyak bonus kepada para karyawan yang sudah bekerja dengan baik, agar mereka merasa bahagia dan dihargai, sehingga bisa bekerja lebih baik lagi.

Dalam mengelola perusahaannya, Mark Zuckerberg menerapkan konsep kepemimpinan terbuka. Dan sesuai dengan misinya, yaitu membuat dunia menjadi terbuka  dan menciptakan sesuatu yang membantu orang-orang terhubung dan berbagi segala hal yang penting bagi mereka, revolusi, aliran informasi dan minimalisme.

Dalam menjelaskan tentang Kepemimpinan Terbuka, Charlene menggunakan berbagai contoh kasus, misalnya bagaimana Mark Zuckerberg menggunakan prinsip-prinsip ini dalam mendorong inovasi di Facebook. Facebook mengadopsi Open Book Management(OBM). OBM, seperti yang dijelaskan oleh John Case, secara umumnya adalah pendekatan untuk meningkatkan kinerja organisasi dengan cara membuka informasi mengenai kondisi finansial dan operasional organisasi agar karyawan lebih merasa terlibat.

Diberitakan oleh Venture Beat, sebuah survei bernama “Top-50 CEO survey“ baru saja dilaksankan oleh Glassdoor. Hasilnya, 99% karyawan Facebook sangat mencintai Mark Zuckerberg sebagai pemimpin mereka. Ya, 99%, artinya jika karyawan Facebook berjumlah 100 orang, hanya 1 orang yang tidak menyukai atau biasa saja dengan kepemimpinan Mark, tetapi tentunya karyawan Facebook pasti berjumlah lebih dari 100 orang. Jadi bisa Anda bayangkan betapa dicintainya Mark Zuckerberg oleh para karyawannya.

Orang yang sukses biasanya akan tergoda menjual perusahaannya, lalu menciptakan bisnis lain yang lebih hebat. Zuckerberg pun telah berulang kali menerima kesempatan untuk menjual social media-nya kepada peminat yang berani membeli dengan harga tinggi. Namun ia bertahan, karena percaya bahwa akan ada potensi yang lebih besar dan lebih baik di masa depan. Intuisinya tepat. Banyak analis bisnis memperkirakan nilai Facebook mencapai 100 milyar dollar saat ini.





Source: https://id.wikipedia.org/wiki/Mark_Zuckerberg
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Kekuasaan dan Pengaruh

Hubungan Kekuasaan dan Pengaruh Pengaruh Suatu proses adalah setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh manajemen untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi. Sedangkan pengaruh menurut Scott dan Mitchell merupakan suatu transaksi social dimana seorang atau kelompok orang digerakkan oleh seseorang atau kelompok orang yang lain untuk melakukan kegiatan yang sesuai dengan harapan mereka yang mempengaruhi. Dalam hal ini suatu pengaruh sangat berhubungan dengan kekuasaan dan wewenang. Yang dimaksud dengan kekuasaan adalah kemampuan untuk mempunyai pengaruh, sedangkan wewenang merupakan salah satu tipe dari kekuasaan. Dalam proses mempengaruhi mencakup tiga unsure yaitu : 1. Orang yang mempengaruhi (O). 2. Metode mempengaruhi (à). 3. Orang yang dipengaruhi (P).    Konsep Pengaruh Pada bagian ini akan disajikan konsep pengaruh pengaruh yang dimaksudkan dalam hal ini adalah bila tekanan yang diberikan kepada pengaurh eksperimental dan pengaruh lingkungan itu ternyata benar,maka masuk akal

Sistem Informasi Akuntansi

Sistem Informasi Akuntansi Apa sih yang dimaksud dengan Sistem Informasi Akuntansi (SIA)? Berikut pengertian-pengertian mengenai sistem informasi akuntansi (SIA) : 1. Wilkinson (1991) Sistem informasi akuntansi (SIA) merupakan suatu kerangka pengkordinasian sumber daya (data, meterials, equipment, suppliers, personal, and funds) untuk mengkonversi input berupa data ekonomik menjadi keluaran berupa informasi keuangan yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan suatu entitas dan menyediakan informasi akuntansi bagi pihak-pihak yang berkepentingan. 2. Gelinas, Orams, dan Wiggins (1997) Mendefinisikan sistem informasi akuntansi (SIA) sebagai subsistem khusus dari sistem informasi manajemen yang tujuannya adalah menghimpun, memproses dan melaporkan informsi yang berkaitan dengan transaksi keuangan.     Mengapa kita harus belajar Sistem Informasi Akuntansi (SIA)? Semua informasi dibidang akuntansi dipakai untuk mengambil keputusan Bermanfaat untuk perancangan penggunaan dan impleme