Langsung ke konten utama

Pengendalian Sistem Informasi Berdasarkan Komputer

Pengendalian Sistem Informasi berdasarkan komputer

 

Dalam Sistem Informasi ada beberapa Prinsip Pengedanlian, contohnya:

 - Ketersediaan(Availability)
 - Pengamanan(Security)
 - Pemeliharaan(Maintainability)
 - Integritas(Integrity)


•Availability : ketersediaan. Sistem tersebut tersedia untuk dioperasikan dan digunakan dengan mencantumkannya pada pernyataanatau perjanjian tingkat pelayanan

•Security : keamanan. Sistem dilindungi dari akses fisk maupun logis yang tidak memiliki otorisasi 

•Maintainability:dapat dipelihara. Sistem dapat diubah apabila diperlukan tanpa mempengaruhi ketersediaan,keamanan dan integritas sistem

•Integrity : integritas. Pemrosesan sistem bersifat lengkap, akurat, tepat waktu dan diotorisasi

 

 

Ketersediaan(Availability)

Organisasi perlu meminimalkan waktu kegagalan sistem

•Pemeliharaan rutin

     UPS

    – Toleransi Kesalahan

•Disaster Recovery Plan (Rencana Pemulihan Bencana)

    – Meminimalisir tingkat gangguan,kerusakan, dan kerugian.

    – Cara sementara untuk memproses informasi.

    – Melakukan pengoperasian normal secepat mungkin.

 

 

Pengamanan(Security)

Beberapa klasifikasi pengendalian yang membantu untuk memastikan pengamanan sistem yang akan didiskusikan: 

–Pemisahan tugas dalam fungsi pengendalian.

–Pengendalian akses secara fisik dan logis.

–Perlindungan atas PC dan jaringan klien/server serta.

–Pengendalian atas internet dan e-commerce.



Pemeliharaan(Maintainability)

Dua kategori pengendalian yang membantu memastikan keterpeliharaan sistem adalah

–Pengembangan proyek dan pengendalian akuisisi meliputi :

–Strategic Master Plan

–Project Controls

–Data Processing Schedule

–System Performance Measurements

–Post implementation Review

Perubahan Pengendalian Manajemen meliputi, antara lain :

•Peninjauan secara berkala terhadap semua sistem untuk mengetahui perubahan yang dibutuhkan

•Semua permintaan diserahkan dalam format yang baku

•Pencatatan dan peninjauan permintaan perubahan dan penambahan sistem dan pemakai yang diotorisasi

•Penilaian dampak perubahan yang diinginkan terhadap tujuan, kebijakan,dan standar keandalan sistem

•Pengkategorian dan penyusunan semua perubahan dengan menggunakan prioritas yang ditetapkan




Integritas(Integrity)

•Pengendalian umum yang memadai akan memastikan bahwa lingkungan pengendalian berdasarkan komputer dari organisasi stabil dan dikelola dengan baik

•Pengendalian aplikasi mencegah, mendeteksi dan memperbaiki kesalahan

 

 

 

Tugas

Pengendalian Keandalan: Contoh Pemrosesan On-line 

Secara umum langkah-langkahnya:

•Entri Data.

•Pembaruan File.

•Persiapan dan pendistribusian output.

Pengendalian Keandalan: Contoh Pemrosesan Batch.

Secara umum langkah-langkahnya:

•Siapkan batch total, kirimkan transaksi kedepartemen EDP, lalu masukkan transaksi kedalam sistem.

•Urutkan dan edit file transaksi, perbarui file utama.

•Persiapan dan pendistribusian output, tinjauan pemakai.

 

 

 

 


 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kepemimpinan Mark Zuckerberg dalam Organisasinya

Mark Zuckerberg Profil Mark Zuckerberg Mark Elliot Zuckerberg (lahir 14 Mei 1984) adalah seorang pemrogram komputer dan pengusaha Internet . Ia dikenal karena menciptakan situs jejaring sosial Facebook bersama temannya, yang dengan itu ia menjadi pejabat eksekutif dan presiden . Facebook didirikan sebagai perusahaan swasta pada tahun 2004 oleh Zuckerberg dan teman sekelasnya Dustin Moskovitz , Eduardo Saverin , dan Chris Hughes ketika menjadi mahasiswa di Universitas Harvard . Pada tahun 2010, Zuckerberg terpilih sebagai Person of the Year versi majalah Time. Gaya Kepemimpinan  Gaya kepemimpinan yang digunakan mark adalah Partisitatif. ini dapat dilihat dari awal berdirinya facebook, Mark bekerjasama dengan dua orang temannya Dustin Moskovitz, Eduardo Saverin, dan Chris Hughes. Mereka bekerjasama hingga akhirnya dapat mendirikan situs jejaring sosial facebook yang mendunia. Dan sampai saat ini Mark rutin berdiskuso dengan para karyawannya untuk membicarakan masala...

Profil dan Struktur Organisasi

Jasa Marga   Profil dan Struktur PT. Jasa Marga Sekilas Jasa Marga Untuk mendukung gerak pertumbuhan ekonomi, Indonesia membutuhkan jaringan jalan yang handal. Melalui Peraturan Pemerintah No. 04 Tahun 1978, pada tanggal 01 Maret 1978 Pemerintah mendirikan PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Tugas utama Jasa Marga adalah merencanakan, membangun, mengoperasikan dan memelihara jalan tol serta sarana kelengkapannya agar jalan tol dapat berfungsi sebagai jalan bebas hambatan yang memberikan manfaat lebih tinggi daripada jalan umum bukan tol. Pada awal berdirinya, Perseroan berperan tidak hanya sebagai operator tetapi memikul tanggung jawab sebagai otoritas jalan tol di Indonesia. Hingga tahun 1987 Jasa Marga adalah satu-satunya penyelenggara jalan tol di Indonesia yang pengembangannya dibiayai Pemerintah dengan dana berasal dari pinjaman luar negeri serta penerbitan obligasi Jasa Marga dan sebagai jalan tol pertama di Indonesia yang dioperasikan oleh Perseroan, Jalan Tol Jagorawi ...