Pengertian Organisasi
Apa yang dimaksud dari organisasi ?
Organisasi merupakan sebuah kumpulan manusia yang memiliki suatu tujuan dan sistem yang sama. Manusia yang sudah menyepakati untuk berdirinya sebuah organisasi. Atau yang bisa dibilang sekumpulan orang yang berkelompok dan memiliki tujuan yang sama. Organisasi digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan.
Untuk lebih memahami pengertian organisasi, kita juga perlu melihat bentuk-bentuk organisasi yang ada di masyarakat. Beberapa bentuk organisasi tersebut diantaranya adalah:
1. Organisasi Politik
Ini merupakan organisasi yang bergerak di bidang politik dengan tujuan yang berhubungan dengan politik sebuah daerah atau negara. Salah satu contohnya adalah partai politik di Indonesia.
2. Organisasi Sosial
Ini adalah organisasi yang fokus mengurus soal kemanusiaan, misalnya kesehatan, bencana alam, ekonomi sosial, dan lain-lain. Contoh organisasi sosial adalah TIM SAR.
3. Organisasi Olah Raga
Organisasi ini adalah perserikatan cabang olah raga, baik secara umum maupun spesifik di bidang olah raga tertentu. Salah satu contohnya adalah PSSI.
4. Organisasi Agama
Ini adalah organisasi yang fokus mengurus hal yang berhubungan dengan agama. Tugas utamanya adalah untuk menyebarkan kebaikan, keharmonisan, dan penyeimbang norma sosial di dalam masyarakat bernegara. Salah satu contoh organisasi agama adalah NU (Nahdlatul Ulama).
5. Organisasi Pemuda
Organisasi ini merupakan perkumpulan para pemuda untuk menciptakan pergerakan suatu daerah atau negara. Salah satu contohnya adalah pergerakan yang dilakukan Budi Utomo dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.
6. Organisasi Mahasiswa
Mirip dengan organisasi pemuda, namun sifatnya lebih ilmiah. Salah satu contohnya adalah BEM.
Syarat untuk membentuk suatu Organisasi
Suatu organisasi pasti memiliki syarat untuk membentuk suatu organisasi, Pada umumnya syarat yg dimaksud ialah:1. Adanya visi dan misi
2. Keselarasan tujuan
3. Adanya struktur jabatan
4. Adanya pembagian tugas kerja
Dan kita kan membahas tentang metode yang dimana penting dalam keselarasan suatu Organisasi
Metode
Metode adalah suatu cara atau tata kerja dari setiap anggota organisasi, agar dapat pencapaian yang efisien dan maksimal pada organisasi. Selain dari organisasi, peran metode juga sama pentingnya di dalam sebuah perusahaan. Dengan adanya metode dalam sebuah perusahaan, maka perusahaan tersebut akan lebih mudah dan teratur dalam mencapai tujuan, visi dan misi yang telah ditetapkan.Faktor yang mendukung untuk berjalannya suatu metode yang digunakan dalam sebuah perusahaan atau organisasi :
1. Teori organisasi yang dipakai harus sesuai dengan jenis atau bentuk organisasi
2. Pemimpin yang baik dalam organisasi memiliki dampak kepada organisasi itu sendiri
3. Sumber daya manusia yang berkualitas untuk melakukan kerja sama agar tercapainya tujuan dari Organisasi tersebut.
Dengan tercapainya faktor tersebut organisasu/perusahaan akan lebih mudah dalam mencapai tujuannya serta lebih terstruktur dan rapih karena memiliki metode dalam organisasinya.
Hubungan Manajemen,Organisasi, dan Tata Kerja
Manajemen dan Tata Kerja
Tata Kerja adalah sebuah metode yang digunakan untuk mengelola semua aspek dalam kegiatan manajemen, dan bagaimana kita memanfaatkan sumber dan waktu dengan tepat sehingga proses kegiatan yang akan dilakukan dapat dilaksanakan dengan baik.Faktor utama dalam tercapainya target atau tujuan, seperti manajemen yang terorganisir dan tata kerja yang terencana dengan baik akan mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai target yang ditetapkan.
Tata kerja dilakukan ditujukan untuk:
- Menghindari terjadinya pemborosan di dalam pendayagunaan sumber-sumber daya dan waktu yang tersedia
- Menghindari kemacetan-kemacetan dan kesimpang siuran dalam proses
- Mencapai tujuan organisasi
- Menjamin adanya pembagian kerja, waktu dan koordinasi yang tepat.
- Jadi hubungan antara manajemen, organisasi dan tata kerja dapat dilukiskan seperti
- Manajemen : proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar manusia.
- Organisasi : alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokkan kerja sama.
- Tata Kerja : pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerja sama tersebut harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.
Referensihttps://www.maxmanroe.com/
blogspot.com
google.com
Komentar
Posting Komentar