Sistem Pakar, E-Commerce, dan Perusahaan
Materi :Sistem pakar Diagnosa Penyakit Saluran Pernafasan Karena Penggunaan Air Conditioner (AC)
- Pendahuluan
Penyakit saluran pernafasan merupakan penyakit yang masih menjadi masalah dalam kesehatan masyarakat, diderita oleh anak-anak sampai dewasa.Penyebab penyakit saluran pernafasan terdiri dari 300 jenis jamur, virus dan bakteri. Penyebaran jamur, virus dan bakteri tersebut bisa melalui pertukaran udara saat bernafas. Salah satu faktor pemicu penyakit saluran pernafasan yaitu penggunaan Air Conditioner(AC). Air Conditioner (AC) yang jarang dibersihkan dan dalam keadaan kotor akan menjadi tempat nyaman bagi mikroorganisme untuk berkembang berbiak. Kondisi tersebut mengakibatkan kualitas udara dalam ruangan menurun dan tercemar sehingga secara berlanjut dapat mengeluarkan bahan polutan berupa jamur, virus dan bakteri yang dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan salah satunya penyakit saluran pernafasan.
- Tinjauan
Konsep dasar dari suatu sistem pakar mengandung beberapa unsur/elemen, yaitu keahlian, ahli, pengalihan keahlian, inferensi, aturan, dan kemampuan menjelaskan. Keahlian merupakan suatu penguasan pengetahuan dibidang tertentu yang didapatkan dari pelatihan, membaca atau pengalaman(Arhami, 2005)
- Analisa Metode
Menurut Brigida (2013) teori Dempster-Shafer adalah suatu teori matematika untuk pembuktian hipotesa berdasarkan belief functions and plausible reasoning (fungsi kepercayaan dan pemikiran yang masuk akal), yang digunakan untuk mengkombinasikan potongan informasi yang terpisah (bukti) untuk mengkalkulasi kemungkinan dari suatu peristiwa. Teori dempster shaferberdasarkan dua gagasan yaitu gagasan untuk memperoleh derajat kepercayaan dari berbagai kemungkinan yang bersifat subyektif dan aturan dempster shafersendiri untuk mengkombinasikan derajat tingkat kepercayaan berdasarkan bukti yang diperoleh.
Pada metode dempster shaferdibutuhkan seorang pakar untuk menentukan sebuah nilai belief(kepercayaan) yang mempunyai nilai antara 0 sampai 1, kemudian dengan adanya nilai beliefmaka akan ada nilai plausability(kemasukakalan) untuk mengetahui nilai kemungkinan hasil diagnosa penyakit dilakukan penghitungan nilai kemungkinan dengan menggunakan metode dempster shafer yang juga mempunyai nilai antara 0 sampai 1. Proses pengujian sistem berupa masukkan data gejala yang dialami pasien.
Contoh penerapan perhitungan metode dempster shafersebagai berikut :Seorang pasien ketika periksa mengalami gejala demam disertai menggigil ketika menggunakan Air Conditioner(AC) terlalu dingin, dari diagnosa dokter kemungkinan penyakit yang diderita adalah penyakit pada Influenza .
Gejala ke-1 : Demam disertai menggigil ketika menggunakan Air Conditioner(AC) terlalu dingin
Gejala ke-2 : Hidung mampet, meler dan bersin-bersin terlalu lama diruangan ber-Air Conditioner(AC)
Penyakit Saluran Pernafasan
Masuknya kuman berupa virus dan bakteri atau mikroorganisme ke dalam tubuh manusia dan berkembang biak sehingga menimbulkan gejala penyakit dimulai dari hidung sampai alveoli beserta organ adneksa seperti sinus-sinus, rongga telinga dan pleura. Pada umumnya suatu penyakit saluran pernafasan dimulai dengan keluhan-keluhan dan gejala-gejala yang ringan. Dalam perjalanan penyakit mungkin gejala-gejala menjadi lebih berat dan bila semakin berat dapat jatuh dalam keadaan kegagalan pernafasan dan mungkin meninggal (Depkes RI, 2008).
- Kesimpulan
Setelah menganlisis, merancang dan menghasilkan sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit saluran pernafasan yang dipicu penggunaan Air Conditioner(AC) maka dapat diambil kesimpulan :
Sistem pakar dengan metode Dempster-Shafer dapat dipergunakan untuk mendiagnosa penyakit saluran pernafasan yang dipicu penggunaan Air Conditioner(AC) dengan masukkan berupa gejala yang dapat menghasilkan nilai perhitungan beserta penyakitnya.
- Saran
Berdasarkan pada pengujian yang dilakukan berupa sistem pakar yang digunakan untuk mendiagnosa penyakit saluran pernafasan yang dipicu penggunaan Air Conditioner(AC) masih ada kekurangan, olehkarena itu maka saran yang diberikan adalah sebagai berikut :
1.Sistem pakar ini agar dapat dikembangkan cakupannya, sehingga dapat diperoleh gangguan kesehatan lain yang dapat dipicu oleh penggunaan Air Conditioner(AC) .
2.Penelitian lebih lanjut diharapkan dapat mengunakan metode yang berbeda misalnya menggunakan metode Bayes, atau Certainty Factor(CF), serta bisa membandingkan efisiensi serta akurasi dengan metode dempster shafer.
3.Penelitian lebih lanjut diharapkan dapat mengembangkan model sistem berbasis web atau android
Credit to: https://media.neliti.com/media/publications/184957-ID-sistem-pakar-diagnosa-penyakit-saluran-p.pdf
E - COMMERCE
Pertemuan : 3Materi : E-Commerce Best Buy
Best Buy Company, Inc adalah perusahaan multinasional retailer elektronik Amerika yang berkantor pusat di Richfield, Minnesota. Perusahaan ini juga beroperasi di Puerto Rico, Meksiko, Kanada dan China. Perusahaan ini didirikan oleh Richard M. Schulze dan Gary Smoliak pada tahun 1966 sebagai toko khusus audio kemudian pada tahun 1983, namanya diubah dan diganti untuk memberikan penekanan pada elektronik konsumen. Saat ini, BestBuy.com menjadi satu diantara sepuluh website ritel di Amerika. Ada lebih dari 1 miliar pengunjung ke situs ini dan 600 juta kunjungan ke tokonya di AS pada setiap tahun.
Perusahaan ini berusaha untuk melakukan misinya untuk memberikan perangkat dan layanan terbaru dan terbaik, memberikan saran yang tidak memihak, harga yang kompetitif kepada pelanggan dan memungkinkan transaksi kapan saja dan di mana saja untuk mendukung pelanggan mereka dan menghidupkan setiap produk mereka.
Pada tahun 2010, Best Buy mengikuti joint venture dengan perusahaan The Carphone Warehouse di mana ia akan membuka superstore bermerek di Inggris dan negara-negara Eropa lainnya. Dua lokasi dibuka di taman ritel The Junction dekat Lakeside Shopping Centre di Thurrock, Essex, dan dekat Southampton, Hampshire, di Prupim ini Hedge End Retail Park. Empat toko tambahan dibuka pada akhir tahun 2010. Sayangnya, perjuangan finansial dari perusahaan akhirnya tidak mencegah ditutupnya Best Buy Eropa pada akhir tahun 2011.
Pada tahun 2012, untuk merespon merosotnya keuntungan yang diperoleh perusahaan, Best Buy mencetuskan “strategi transformasi” yang akan diambilnya. Perusahaan ini mulai mendesain ulang format “toko yang terhubung”nya dengan menghadirkan Geek Squad yang mengimplementasikan kosep “toko di dalam toko” untuk Pasific Kitchen Bath dan Magnolia Design Center. Sebagai tambahan, perusahaan ini menutup 50 tokonya di Amerika, termasuk toko-toko bereputasi baik di Newbury Street, Boston, Massachusetts.
Teknologi Informasi merupakan jantung dari strategi untuk merespon perluasan pasar e-commerce dimana hal tersebut juga menjadi poin utama perusahaan Best Buy untuk bersaing dalam pasar. Keterampilan internal TI Best Buy adalah apa yang disebut “puncak piramida,” atau orang-orang dengan kualitas kepemimpinan yang dapat menerjemahkan strategi bisnis untuk kebutuhan TI, memiliki keahlian teknis yang kuat, mengambil kepemilikan teknologi dan berinteraksi dengan para pemimpin bisnis strategis. Selain internal, perusahaan menggunakan agen outsourcing untuk menyediakan kebutuhan teknis langsung, seperti coding.
Pada tahun 2002, perusahaan Best Buy menggunakan CCP global untuk menerapkan sistem procurement Ariba. Penerapan ini dilakukan dalam rangka mengurangi 2 dari biaya overhead terbesarnya yaitu barang tidak langsung dan biaya perjalanannya. Pengurangan 2 biaya tersebut nantinya dapat menurunkan biaya operasional perusahaan.
CCP global membantu Best Buy untuk mengintegrasikan sistem back-end, termasuk platform keuangan Oracle, dan untuk menciptakan sebuah sistem tunggal, didukung oleh Ariba, untuk sistem pembelian yang menggantikan beberapa sistem yang lebih tua yang sedang digunakan.
Pada tahun 2004, Best Buy menyewa Robert Willett dari Accenture menjadi CIO (Chief Information Officer) perusahaan. Enam bulan kemudian, Willett melakukan outsourcing fungsi TI Best Buy menjadi perusahaan konsultan dimana hanya terdapat 40 karyawan dari 820 karyawan departemen yang tersisa.
Terdapat dua kesepakatan yang keluar antara Best Buy dan Accenture. Pertama, Accenture sepakat bahwa akan memotong biaya dengan menyingkirkan sistem yang disesuaikan dan menggantinya dengan “packaged vanilla solutions”. Solusi tersebut dilakukan dengan melakukan perubahan pada keunggulan kompetitif yang digantikan dengan alternatif umum. Dan kedua, Accenture mulai mengganti sistem pada tahun 2004. Pada tahun 2006, Best Buy mulai melakukan perubahannya. Namun ketika Best Buy membutuhkan keunggulan kompetitif terhadap Amazon, Best Buy tidak memiliki hal tersebut. Selain itu, rantai dari beberapa website pada Best Buy tidak terintegrasi. Hal tersebut yang akhirnya membuat sistem e-commerce pada Best Buy mengalami masalah besar.
Keuntungan dan Kekurangan Penerapan Outsourcing Sistem Informasi pada Perusahaan Best Buy
Penerapan outsourcing sistem informasi tidak dapat dihindarkan lagi. Perusahaan akan membutuhkan pihak ketiga atau outsourcer dalam pengembangan sistem informasinya. Banyak manfaat yang bisa dirasakan jika memanfaatkan sistem outsourcing. Meski demikian sistem outsourcing memiliki kekurangan. Beberapa keuntungan penerapan outsourcing sistem informasi adalah sebagai berikut (Verizon dalam Fajar, 2011):
- Pendayagunaan tim IT internal secara lebih baikBiasanya, dukungan sumber daya IT dibagi antara dua tujuan, yaitu pengembangan sistem informasi yang sesuai dengan pasar dan efiesnsi operasional. Dengan outsourcing, manajemen dapat berfokus pada pengembangan sistem yang sesuai pasar tanpa harus memikirkan pelaksanaan kegiatan operasional.
- Mengurangi overhead TI
Dengan outsourcing, perusahaan dapat mengurangi atau menghilangkan biaya administrasi sistem dan jaringan, serta tambahan sistemik dan proses dukungan sehingga perusahaan dapat melakukan investasi yang lebih besar dalam bisnis inti seperti akuisisi pelanggan, hubungan manajemen, manufaktur atau kegiatan distribusi.
- Mengurangi pengeluaran modal
Outsourcing operasi TI dapat membiayai atau tingkat investasi modal tradisional di infrastruktur dan migrasi teknologi selanjutnya dapat dibiayai untuk keperluan operasi. Sebagai manfaat tambahan, prusahaan dapat membayar biaya operasi ini pada transaksi per dasar. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengatur variasi pengeluaran sesuai dengan permintaan atau disesuaikan dengan kebutuhan pasar.
- Peningkatan kinerja dan kehandalan TI
Pengurangan bahkan eliminasi kesalahan operasional dan inefisiensi adalah salah satu keuntungan yang paling penting dari outsourcing. Penyedia Outsourcing mempekerjakan staf berpengalaman yang mematuhi persyaratan yang ketat dan terdokumentasi dengan baik dalam buku panduan.
- Keunggulan teknologi dari pesaing
Outsourcing menyediakan tidak hanya pada best practice , tetapi juga untuk best practice yang sedang berkembang secepat best practice tersebut dikembangkan. Pada era globalisasi strategi bisnis kerapkali dihubungkan dengan perkembangan teknologi sehingga akses awal untuk kemampuan TI baru dapat menjadi keuntungan yang berbeda dalam persaingan memperebutkan pasar.
- Kontingensi dan kontinuitas Bisnis
Permasalahan utama dalam pengelolan IT secara insource adalah penyedia beroperasi dalam fasilitas dengan pasokan listrik yang berlebihan, alternatif sambungan telekomunikasi, dan kelebihan kemampuan prosesing. Pada tahapan tertentu hal tersebut dapat menyebabkan pemborosan Dengan outsource masalah-masalah tersebut dapat teratasi.
Sedangkan kekurangan pada penerapan outsourcing sistem informasi adalah sebagai berikut (Anonymous dalam Siahaan, 2013):
- Umumnya membutuhkan biaya yang relatif mahal
- Keamanan sistem informasi karena ada peluang penyalahgunaan oleh vendor
- Kemungkinan pengembangan sistem informasi tidak sesuai dengan kebutuhan karena kurangnya informasi yang diberikan atau pemahaman vendor dalam pengembangan sistem tersebut.
- Mengurangi keunggulan kompetitif perusahaan karena pihak outsourcer tidak dapat diharapkan untuk menyediakan semua kebutuhan perusahaan karena harus memikirkan klien lainnya juga.
- Keterbatasan dalam transfer pengetahuan dari vendor terkait sistem informasi yang dikembangkannya
- Menimbulkan kebergantungan yang penuh kepada vendor termasuk dalam penyelesaian hal-hal yang sederhana
- Resiko penanganan yang terlambat untuk situasi-situasi yang kritis dan membutuhkan penyelesaian segera: Vendor membutuhkan waktu yang lebih lama untuk merespon dibandingkan bila dilakukan oleh karyawan sendiri
- Perusahaan dapat berada pada posisi yang lemah bila terjadi konflik dengan vendor
Keuntungan dan kelebihan penerapan outsourcing yang telah disebutkan di atas juga dialami oleh perusahaan Best Buy. Pada perusahaan Best Buy, keuntungan yang didapatkan dari outsourcing sistem informasi adalah mengurangi biaya overhead terbesarnya yaitu barang tidak langsung dan biaya perjalanan yang nantinya mempengaruhi biaya operasionalnya. Selain itu, perusahaan Best Buy lebih fokus pada core bisnis perusahaan sehingga tim internal lebih baik. Pembaharuan sistem procurement pada perusahaan Best Buy lebih memudahkan pelanggannya dalam melakukan transaksi.
Manfaat outsourcing sistem informasi memang dirasakan oleh Best Buy, akan tetapi terdapat kekurangan dari penerapan outsourcing sistem informasi tersebut. Menurunnya keunggulan kompetitif Best Buy terhadap Amazon karena Accenture sebagai outsourcer tidak dapat memenuhi kebutuhan perusahaan. Accenture juga kurang memahami apakah sistem yang mereka buat dapat diterapkan atau sesuai dengan harapan Best Buy atau tidak
Credit to : https://sites.google.com/a/student.unsika.ac.id/asep-saeful-bachri/e-commerce/best-buy
Perusahaan
Pertemuan : 4Materi : Perusahaan
Profil Perusahaan
Nama Perusahaan : Orang Tua Group (OT)Latar Belakang
OT adalah perusahaan consumer goods yang memproduksi berbagai macam produk kebutuhan sehari-hari. Berawal dari minuman kesehatan tradisional dengan bahan dan proses terstandar berkualitas tinggi, OT telah berkembang semakin modern tanpa meninggalkan nilai-nilai positif dan luhur yang dicetuskan oleh pendiri perusahaan.
Beragam produk mulai dari makanan, minuman, hingga produk perawatan diri telah lama menjadi bagian dari kehidupan konsumen Indonesia. Beberapa di antaranya adalah Formula, Tango, Teh Gelas, MintZ, Blaster, Oops, dan Kiranti.
Bahkan, karena kualitasnya, produk OT telah hadir di pasar internasional dan dapat dinikmati oleh konsumen mancanegara.
Dengan tetap fokus pada kebutuhan konsumen dan juga terus melakukan inovasi, OT telah meluncurkan produk-produk unggulan sehingga meraih berbagai macam penghargaan melalui lembaga survey yang diakui secara nasional maupun internasional.
Semua prestasi yang telah dicapai ini tentu tidak lepas dari dukungan konsumen, karyawan, serta nilai-nilai yang telah kami yakini sejak awal. Seluruh kepercayaan dan kerja keras dari berbagai pihak telah membentuk OT menjadi perusahaan yang berkomitmen tinggi untuk selalu berusaha menyempurnakan produk dan proses kerja demi memenuhi kebutuhan konsumen
Sejarah
Perjalanan di Indonesia berawal pada tahun 1948 ketika penerimaan masyarakat terhadap minuman kesehatan tradisional semakin meluas. Untuk memenuhi kebutuhan ini sebuah pabrik dibangun di Semarang, lalu di Jakarta dua tahun kemudian.
Sejalan dengan berkembangnya usaha dan kebutuhan masyarakat, pun membangun berbagai fasilitas produksi serta unit usaha baru, dimulai dengan pasta gigi dan sikat gigi dengan merek FORMULA.
Pada tahun 1985 membentuk holding company dengan nama ADA, singkatan dari Attention, Direction and Action. Di bawah bendera ADA pengembangan usaha dan diversifikasi produk pun terus berlanjut. Peningkatan kapasitas produksi yang terus menerus berlangsung dan bertambahnya produk yang dihasilkan membutuhkan tim penjualan yang solid. Untuk menangani dan menguasai jalur distribusi dalam penyebaran produk-produk ini, Manajemen menunjuk P.T. Arta Boga Cemerlang sebagai distributor tunggal di Indonesia. Penetrasi produk-produk ke pasar tradisional maupun modern ditangani dan dikelola dengan baik oleh Arta Boga Cemerlang.
Pada tahun 1995 ADA kembali berganti nama menjadi ORANG TUA. Merek ORANG TUA yang sarat nilai historis ternyata telah mengakar dalam masyarakat Indonesia, sehingga menjadi salah satu keunggulan dalam memposisikan dirinya di tengah masyarakat. Di lain sisi, kata ORANG TUA itu juga identik dengan minuman kesehatan tradisional yang sudah tertanam di benak konsumen. Oleh karena itu revitalisasi nama dan logo dirasa perlu dilakukan sejalan dengan strategi pengembangan bisnis yang memasuki bisnis consumer goods.
Pada tahun 2004 logo ORANG TUA dimodifikasi untuk mencerminkan sebagai perusahaan produk-produk bermerek pilihan utama konsumen yang dinamis, penuh semangat, berjiwa muda, dan menjadi kebanggaan para karyawannya.
Bisnis semakin berkembang dengan penambahan unit usaha dan produk-produk baru. Kini telah memasuki berbagai kategori industri, seperti Personal Care, Confectionery, Health Drink, Wafer & Biscuit, Dairy Product, Jelly Product, RTD Tea dan Snack & Nut. Perusahaan yang semula bergerak dalam produksi minuman kesehatan tradisional kini telah berkembang menjadi produsen produk kebutuhan sehari-hari. .
Tujuan, Visi dan Misi OT Group
Visi Perusahaan OT : Sebagai perusahaan utama yg memberikan produk-produk pilihan pertama dan solusi yg inovatif untuk pelanggan di asia pasifik.
Misi Perusahaan OT:
Kami ada untuk mencerahkan dan Memuaskan kehidupan pelanggan, karyawan, pemegang saham, dan masyarakat dengan menciptakan dan memenuhi kebutuhan konsumen.
Tujuan Perusahaan OT:
Menjadi raja makanan dan ritel.
Sasaran perusahaan OT:
Menambah sekitar 10 generasi untuk masing-masing ritel (JYSK Indonesia ritel yang menjual produk rumah tangga dan beau ritel yang menjual produk kecantikan).
Strategi Perusahan OT:
Potensi bisnis ritel cukup menjanjikan karena format ritel akan naik seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan perkembangan teknologi serta didukung oleh kenaikan pendapatan perkapita masyarakat Indonesia yang dapat menguatkan daya beli konsumen. Strategi perusahaan yang menarik konsumen adalah membentuk ritel dengan format baru & unik.
Credit to : https://ot.id/company#tentang-ot , http://yuniyohanita.blogspot.com
Komentar
Posting Komentar